Home / Berita / SIMA’AN MENUMBUHKAN SEMANGAT HAFALAN SISWA

SIMA’AN MENUMBUHKAN SEMANGAT HAFALAN SISWA

 

Berfoto bersama

Sabtu, 21 April 2018 adalah pekan terakhir siswasiswi program TICC (Tahfidz and International Curriculum Class) melakukan kegiatan sima’an dalam semester 2 tahun ajaran 20172018. Sima’an adalah kegiatan pembacaan Al Qur’an tanpa melihat kitab suci Al Qur’an yang dilakukan oleh satu siswa dihadapan siswa lainnya, jika ada yang salah maka kewajiban siswa lainnya untuk mengislahnya.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam mengahafal Al Qur’an juga melatih mental para siswa dalam melantunkan ayat suci Al Qur’an di tempat umum.

Sima’an ini dilakukan dengan membuat halaqoh atau lingkaran. Siswa yang mendapat giliran sima’an mulai membaca setengah juz Al Qur’an (bil ghoib) dan siswa lainnya menyimak dengan memperhatikan kitab Al Qur’an dan siap untuk mengislah bila ada bacaan yang tidak tepat.

Dalam acara penutupan sima’an ini siswa membaca sampai surat terjauh hafalan mereka. Mayoritas sudah sampai surat Al Muzzammil dan ada juga yang sudah sampai surat Nuh. Usai melantunkan hafalan, kegiatan sima’an ini dilanjut dengan sambung ayat, ustadzah akan melafalkan satu ayat dan siswa yang ditunjuk melanjutkan ayat tersebut. Di akhir acara ada pembagian kenangan yang dikemas dalam permainan tebak surat, ustadzah melafalkan satu ayat dan siswa yang ditunjuk menebak nama surat ayat tersebut.

Rasulullah bersabda, ”Tidaklah suatu kaum berkumpul dalam salah satu rumah Allah (masjid) untuk membaca Kitabullah (al-Qur’an) dan mempelajarinya, melainkan ketenangan jiwa bagi mereka, mereka diliputi oleh rahmat, dikelilingi oleh para malaikat, dan Allah menyebut nama-nama mereka di hadapan para Malaikat yang ada di sisi-Nya.” (H.R Muslim).

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”

Semoga kegiatan ini lebih menambah motivasi dan kecintaan para siswa TICC dalam menghafal Al Qur’an demi terciptanya generasi qur’ani. (Za)

About ulfa azizah

Check Also

Pembangunan kampus 2 SD Al Irsyad Kota Tegal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *