Home / Berita / Asah Hafalan Siswa, SD Al-Irsyad Tegal Galakkan Kegiatan Sima’an

Asah Hafalan Siswa, SD Al-Irsyad Tegal Galakkan Kegiatan Sima’an

sdalirsyadtegal.com—Sima’an berasal dari bahasa Arab yang berarti mendengar atau menyimak. Adapun kegiatan Sima’an adalah kegiatan di mana siswa (yang sudah ditentukan oleh wali kelasnya) membaca beberapa surat dalam al-Qur’an tanpa melihat (bighairinnadhar) atau dengan cara menghafal, sementara siswa lainnya mendengarkan atau menyimak bacaan hafalan temannya, sambil membetulkan bacaannya/hafalannya bila terjadi kesalahan. Surat-surat yang dibaca adalah surat-surat dalam al-Qur’an yang sudah dihafal oleh siswa yang bersangkutan.

Sima’an merupakan kegiatan ekstra sekolah yang dilakukan setiap hari Sabtu, sekali dalam dua pecan, dan diikuti oleh seluruh siswa program TICC (Tahfidz and International Curriculum Class), sebuah program unggulan SD Al-Irsyad Tegal, di bawah bimbingan wali kelas dan ustadz yang mengampu pelajaran tahfidz. Dengan demikian, walaupun mereka tidak berangkat ke sekolah setiap Sabtu (KBM siswa TICC hanya Senin-Jum’at), namun mereka dapat memanfaatkannya untuk kegiatan yang positif.

Adapun pelaksanaannya bertempat di rumah siswa yang telah terjadwal secara bergiliran. Dengan demikian masing-masing siswa bisa mengetahui rumah teman-temannya sekaligus bisa memperkuat jalinan pertemanan antar mereka. Tidak saja antar siswa, orang tua mereka pun akan lebih intens pertemuan dan komunikasinya karena mereka (orang tua) iktu mengantarkan putra-putrinya ke tempat dilaksanakannya sima’an. Dengan ikut menyimak bacaan hafalan putra-putrinya, orang tua bisa mengetahui kemampuan baca dan hafalan putra-putrinya, sehingga setelahnya, mereka orang tua diharapkan bisa turut serta memotivasi putra-putrinya untuk terus meningkatkan hafalannya.

“Indahnya bersinergi dalam kebersamaan.”

About Ali Sumitro

Check Also

SIMA’AN MENUMBUHKAN SEMANGAT HAFALAN SISWA

  Sabtu, 21 April 2018 adalah pekan terakhir siswa–siswi program TICC (Tahfidz and International Curriculum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *