Home / Berita / MANASIK HAJI KIDS SD AL-IRSYAD KOTA TEGAL

MANASIK HAJI KIDS SD AL-IRSYAD KOTA TEGAL

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Bismillah…

Manasik Haji bagi kalangan anak2  SD sudah menjadi agenda tersendiri yang akan di lakukan setiap tahunnya. Nilainya sih bagus karena akan memperkenalkan anak mengenai prosesi Haji itu seperti apa, apa makna di balik itu, kenapa di wajibkan , tuntunan dan teknis pelaksanaan seperti apa semua di praktekan dalam bentuk miniatur prosesi Haji.
Waktu di jamanku dulu sih emang belum ada manasik2 gini untuk anak SD, jaman saya belum ada praktek manasik haji hanya sekedar penjelasan tata cara orang haji itu juga sekedar praktek di mata pelajaran Agama Islam, berbeda dengan anak anak SD sekarang sudah ada praktek manasik haji  yang mempraktekannya dengan lebih detail, lebih mewah, lebih mendekati nyata  dan mudah2an lebih berkesan.

oke lah langsung saja…….:)

Saya akan membahas khususnya apa yang aku alami hari ini di kala Peragaan manasik Haji di SD Al Irsyad Tegal. Properti yang digunakan lengkap, tersusun di lapangan . Anak anak sudah mengenakan pakaian ihram (walau tidak sempurna namun mewakili), lalu di susun sesuai dengan kloternya (berdasarkan kelas), dan acara dimulai

  • Pertama tama anak anak melafadzkan niat dan dilanjut dengan perjalanan menuju Ka’bah.
  • Anak2 mengelilingi ka’bah 7 kali dengan lafadz “Rabbana attina fiddunya Hasanah….” dan pada akhir tawaf anak2 menempelkan tangan disekeliling ka’bah sambil menempelkan tangan di bibir dan mengarahkan ke ka’bah ==> nah mulai disini dah curiga nih. Tuntunan yang benar, stiap melewati Hajar Aswad hanya melambaikan tangan sambil berucap “Bismillahi Allahu Akbar” , bila mampu mendekati hajar aswad, maka mengusap dan menciumnya.
  • Dari situ anak2 langsung ke tempat Sai  belakang Maqam Ibrahim dan meminum air zam zam di lewati ,
  • Sai dilakukan dengan full berlari lari kecil 7 kali safa marwah
  • Dari Sai anak2 digiring ke suatu lokasi yang pertama2 aku ga ngeh itu apa, pas dideketin ternyata tulisannya PADANG ARAFAH …. nah loh … susunannya makin kacau kan…  disitu anak anak duduk dan membaca doa yang dibimbing oleh ustadzah , mungkin maksudnya khutbah Arafah ==> disini semakin ngaco .. Seharusnya prosesi dimulai dari MINA-ARAFAH-MUZDHALIFAH- EKKAH-MINA  atau MINA-ARAFAH- MUZDHALIFAH-MINA-MEKKAH-MINA.  Yang jelas Arafah didahulukan, pdhal kalau tidak ada padang arafah2an itu, prosesi lebih masuk akal.
  • Lalu anak anak ke pelontaran Jumrah yang ditulis JUMRAH KUBRO
  • Tahalul
  • Lalu melontar jumarah di 3 tempat, dengan melontar dari segala arah 7 batu   KUBRA=AQOBAH. acara berjalan cukup lancar, ya namanya juga anak SD jadi agak ribet sedikitlah…..
  • selesai anak – anak kembali ke SD Al Irsyad Tegal
    meneglilingi ka’bah

    lucu ya….

    Lempar Jumroh

    calon Bu. Haji dan Pak. Haji

    pemberangkatan dari tanah air

About ulfa azizah

Check Also

SIMA’AN MENUMBUHKAN SEMANGAT HAFALAN SISWA

  Sabtu, 21 April 2018 adalah pekan terakhir siswa–siswi program TICC (Tahfidz and International Curriculum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *