Home / Kelas 1 / PROGRAM TICC SD AL-IRSYAD TEGAL GELAR MUSABAQAH HIFDHZIL QUR’AN (MHQ)

PROGRAM TICC SD AL-IRSYAD TEGAL GELAR MUSABAQAH HIFDHZIL QUR’AN (MHQ)

sdalirsyadtegal.com–Memiliki anak yang memahami dan menghafal al-Qur’an adalah dambaan setiap orang tua. Mereka menginginkan buah hatinya dekat dengan Allah dengan cara menghafalkan dan memahami ayat-ayat ilahi sedini mungkin. Tak jarang anak-anak muncul  sebagai penghafal (hafidz) al-Qur’an. Prestasi ini sangat mungkin dicapai asalkan dilakukan dengan tekun dan penuh kesabaran.

Guna meningkatkan semangat dalam menghafal al-Qur’an bagi santri-santrinya, program Tahfidz and International Curriculum Class (TICC) SD Al-Irsyad Tegal, yang sudah berjalan dua tahun ini, menyelenggarakan Musabaqah Hifdhzil Qur’an (MHQ) pada Sabtu, (07/10/2017) di Aula serbaguna SD Al-Irsyad Tegal. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri kelas 1 dan kelas 2 program TICC.

Kegiatan musabaqah ini rencananya akan diselenggarakan secara rutin. Tujuannya agar para santri terus berlomba-lomba dalam kebaikan serta memiliki semangat dan kesungguhan dalam mempelajari dan menghafal al-Qur’an, sekaligus mendorong para orang tua agar turut menyemangati putra/putrinya menghafal al-Qur’an.

“Kegiatan musabaqah ini in syaa Allah akan diselenggarakan secara rutin. Dan ini (musabaqah) bukanlah tujuan utama dari adanya program tahfidz, namun ia merupakan salah satu di antara sekian banyak cara untuk memotivasi para santri dalam menghafalkan al-Qur’an, sekaligus mendorong para orang tua agar turut serta menyemangati putra/putrinya dalam menghafal al-Qur’an.” Jelas Waka Kurikulum TICC, Ali Sumitro, M.Pd.I, saat memberikan sambutan.

Dengan didampingi masing-masing orang tuanya, para santri kelihatan senang dan antusias mengikuti kegiatan ini, meski masih ada sebagian yang malu-malu. Mereka secara bergiliran maju ke tempat musabaqah yang telah disediakan untuk menguji hafalan mereka dengan cara meneruskan lanjutan potongan ayat yang dibacakan oleh dewan juri, yakni ustadzah Indrati dan ustadzah Ammy Rosfa (Keduanya adalah pengampu tahfidz di program TICC). Adapun ayat-ayat yang diujikan dalam musabaqah ini ialah ayat-ayat yang terdapat di juz 30 (Juz ‘Amma).

Keluar sebagai hafidz terbaik untuk kelas I ialah ; terbaik I Muhammad Farhan Zainuddin, terbaik II Ahlam Hilmiyah, da terbaik III Nadia. Adapun untuk kelas II; terbaik I Rasyid Ridha, terbaik II Syafiqah dan terbaik III M. Khadafi.

Usai Musabaqah Hifdhzil Qur’an, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan rapor bulanan (progress report) oleh wali kelas kepada wali santri, sekaligus konsultasi wali santri kepada wali kelas bagi putra/putrinya perihal hasil capaian prestasi belajar dan perkembangan santri selama sebulan pembelajaran berjalan. Wassalam …. (Ali S)

About adminsekolah

Check Also

Bisa Baca Al Qur’an dalam 4 pertemuan

sdalirsyadtegal.com (21/3/2017), menindaklanjuti program kegiatan siswa berupa One Day One Juz yang sudah berlangsung sejak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *