Home / Berita / SD Al-Irsyad Tegal Gelar Wisuda Khotmil Qur’an

SD Al-Irsyad Tegal Gelar Wisuda Khotmil Qur’an

sdalirsyadtegal.com – Pada Rabu (24/05/2017), SD Al-Irsyad Tegal menggelar agenda tahunan, yakni Wisuda Khotmil Qur’an terhadap 46 peserta didiknya yang telah menyelesaikan studinya di SD Al-Irsyad.

Wisuda yang digelar di halaman sekolah tersebut dihadiri Pengurus/Pembina Yayasan Perguruan Al-Irsyad Tegal yang diwakili oleh ustad Amin Rajab (Pengurus Yayasan Perguruan Al-Irsyad Pusat), perwakilan alumni, dr. Said Baraba, Sp.PD, para kepala sekolah yang ada di lingungan Perguruan Al-Irsyad Tegal (TBQ, TK, SMP, SMA dan SMK), tamu undangan dari dinas terkait, pengurus komite sekolah, serta semua wali murid SD Al-Irsyad Tegal.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SD Al-Irsyad, ustad Muhtadin Abrori, S.Pd.I menjelaskna bahwa kebiasaan yang dilakukan di SD Al-Irsyad Tegal di antaranya ialah tadarrus al-Qur’an. Tadarrus ini dilakukan sebelum proses belajar mengajar (KBM) dimulai. Dalam kurun waktu tahun pelajaran 2016/2017 ini, lanjut kepala sekolah, tercatat ada di antara mereka yang telah mengkhatamkan al-Qur’an sebanyak 7 kali, ada yang 6 kali, 5 kali, 4 kali, 3 kali, 2 kali, ada juga yang baru satu kali, bahkan ada juga yang belum sempat mengkhatamkan.

Dalam prosesi wisuda, mereka diuji kemampuannya dengan diberikan beberapa pertanyaan secara lisan di atas panggung yang dipandu langsung oleh guru pengampu al-Qur’an, ustadzah Muslihah, S.Pd.I. Materi yang diujikan di antaranya ialah tahfidz (peserta diminta untuk meneruskan lanjutan dari potongan ayat yang dibacakan oleh pengujinya). Ada juga materi gharib (peserta diminta untuk memberikan contoh ayat yang terdapat hukum bacaan gharib atau mereka menjelaskan tentang pengertian istilah dari hukum bacaan gharib tersebut).

Dalam uji kemampuan ini, para hadirin juga dipersilahkan untuk memberikan pertanyaan kepada para peserta wisuda. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini, ustadz Amin Rajab dari Yayasan Perguruan Al-Irsyad Pusat mengajukan beberapa pertanyaan kepada peserta wisuda, dan semua pertanyaan dapat dijawab dengan baik.

Di samping uji kemampuan, kegiatan wisuda ini juga dimeriahkan oleh beberapa penampilan dari para peserta wisuda; seperti pidato bahasa Arab, penyampaian pesan dan kesan, puisi berantai, tarian dan hadroh. Acara ditutup dengan aksi peserta wisuda yang berhamburan mencari orang tuanya masing-masing dengan memberikan secarik kertas yang berisikan tentang permohonan maaf tentang segala tingkah polah yang kurang berkenan yang mereka lakukan selaman ini terhadap orang tuanya. Sejenak suasana menjadi sangat terharu, hampir semua yang hadir tak kuasa menahan tumpahan air mata yang keluar kelopak matanya, baik dari peserta wisuda, orang tua siswa dan hadirin yang ada.

Narator : Ali S

Editor : Abuya

About adminsekolah

Check Also

SIMA’AN MENUMBUHKAN SEMANGAT HAFALAN SISWA

  Sabtu, 21 April 2018 adalah pekan terakhir siswa–siswi program TICC (Tahfidz and International Curriculum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *