Home / Berita / Pendidik SD Al-Irsyad Tegal Intensifkan Home Visit Jelang UN

Pendidik SD Al-Irsyad Tegal Intensifkan Home Visit Jelang UN

sdalirsyadtegal.com – Sebagai wujud perhatian dan kepedulian yang ditunjukkan oleh pendidik SD Al-Irsyad Tegal terhadap para siswanya, yang saat ini duduk di tingkat akhir, jelang pelaksanaan ujian nasional (UN) ialah dengan menintensifkan kunjungan rumah (home visit). Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan sekolah yang pelaksanaannya dimulai saat memasuki semester kedua hingga menjelang pelaksanaan UN.

Beberapa guru diamanahi untuk mengunjungi beberapa siswa/siswi yang sudah ditentukan. Guru yang ditugasi ada yang mendapatkan 5 atau 6 siswa untuk dikunjungi. Waktu kunjungan bisa dilakukan sore hari, malam, atau pagi bila hari libur. Walau jam kepulangan guru dan siswa hingga sore hari (ba’da asar), ditambah lagi dengan kesibukan guru dalam pemenuhan administrasi lainnya, namun tidak menyurutkan mereka (para pendidik) untuk merealisasikan kegiatan ini.

Pelaksanaan home visit ini bertujuan di samping untuk memperkuat jala ukhuwah dan komunikasi antar guru dan orang tua yang selama ini sudah terjalin dengan baik, juga untuk memaksimalkan kepedulian dan perhatian sekolah terhadap perkembangan prestasi siswa, baik prestasi akademik, prestasi ibadah, maupun prestasi kepribadian (akhlak). Melalui kunjungan ini guru bisa menyampaikan secara langsung kepada orang tua /wali perihal perkembangan prestasi putra/putrinya selama di sekolah. Begitupun orang tua juga bisa menyampaikan kegiatan keseharian putra/putrinya selama di rumah secara langsung kepada gurunya, sehingga bilamana didapati suatu masalah (baik dari guru maupun orang tua) yang ada dalam diri anak berkaitan dengan prestasi maupun kepribadiannya, bisa segera langsung dikomunikasikan antar kedua belah pihak.

Kegiatan home visit ini sekaligus menepis anggapan orang tua pada umumnya yang selama ini menilai bahwa home visit dilakukan hanya bila terjadi masalah pada putra/putri mereka, atau putra/putri mereka melakukan kesalahan, seperti perkelahian, bolos sekolah, nunggak spp, dll.

Kunjungan yang intens akan mampu mensinergikan proses pembelajaran dan pendidikan antar guru dan orang tua.

Narrator : Ali S

Editor : Abuya

About adminsekolah

Check Also

SIMA’AN MENUMBUHKAN SEMANGAT HAFALAN SISWA

  Sabtu, 21 April 2018 adalah pekan terakhir siswa–siswi program TICC (Tahfidz and International Curriculum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *