Home / Berita / Jelang UN, Siswa Kelas 6 SD Al-Irsyad Tegal Intensifkan Interaksi dengan al-Qur’an

Jelang UN, Siswa Kelas 6 SD Al-Irsyad Tegal Intensifkan Interaksi dengan al-Qur’an

sdalirsyadtegal.com – Jelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar yang rencananya akan diselenggarakan Senin hingga Jumat (15-19/2017) ini, berbagai ikhtiar terus dilakukan oleh siswa/siswi kelas 6  SD Al-Irsyad Tegal. Setelah melalui berbagai ikhtiar lahiri (seperti penambahan jam pelajaran pada beberapa mata pelajaran yang akan diujikan pada UN, try out, latihan soal-soal, dll), Jum’at lalu (12/05/2017), siswa-siswi kelas kelas 6 bersama dengan dewan guru mengadakan doa bersama di Aula SD Al-Irsyad Tegal yang dipandu langsung oleh Kepala Sekolah SD Al-Irsyad, Ustad Muhtadin Abrori, S.Pd.I.

Dalam kata sambutannya, Kepala Sekolah menyampaikan pesan moral kepada para siswa bahwa ujian merupakan suatu keniscayaan bagi siapapun yang menjalani kehidupan. Bahkan dengan ujian, seseorang bisa menjadi mulia atau sebaliknya, menjadi hina. Beliau mencontohkan, siswa yang jujur (tidak mencontek) dalam mengerjakan soal-soal ujian berarti dirinya telah melakukan kemuliaan. Sebaliknya bila siswa mencontek saat mengerjakan soal-soal ujian, berarati dirinya telah menghinakan dirinya, baik di hadapan Allah maupun manusia.

Kepala Sekolah juga menekankan tentang pentingnya berinteraksi dengan al-Qur’an. Siswa dihimbau untuk memperbanyak membaca al-Qur’an saat menghadapi ujian. Dengan membaca al-Qur’an, seseorang akan dimudahkan urusannya oleh Allah dan akan beroleh ketenangan hati, jiwa dan pikiran. Selain itu, mereka juga ditekankan untuk senantiasa bersabar dan berdoa (shalat).

Kegiatan doa bersama ini dimaksudkan agar para siswa senantiasa siap secara mental dalam menghadapi ujian, penuh optimis dan keyakinan, menjunjung tinggi nilai kejujuran dan tawakkal (menyerahkan hasil sepenuhnya kepada Allah).

Doa bersama ini kemudian diakhiri dengan saling bersalaman antara para siswa dan dewan guru seraya memohon do’a dari mereka.

Narrator : Ali S

Editor     : Abuya

About adminsekolah

Check Also

SIMA’AN MENUMBUHKAN SEMANGAT HAFALAN SISWA

  Sabtu, 21 April 2018 adalah pekan terakhir siswa–siswi program TICC (Tahfidz and International Curriculum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *