Home / Berita / SD Al-Irsyad Tegal Meriahkan Hari Kartini dengan Kegiatan Keagamaan dan Kebangsaan

SD Al-Irsyad Tegal Meriahkan Hari Kartini dengan Kegiatan Keagamaan dan Kebangsaan

sdalirsyadtegal.com – Setiap 21 April, bangsa ini selalu memperingati Hari Kartini, salah seorang pahlawan nasional dan pejuang wanita Indonesia yang insiratif. Instansi pemerintah, swasta, lembaga pendidikan, dan masyarakat umum merayakannya dengan penuh kegembiraan. Beragam cara dan gaya masyarakat Indonesia dalam memperingati hari yang bersejarah ini. Ada yang hanya sekedar melakukan upacara bendera, ada yang memeriahkannya dengan berbalut busana kebaya bagi kaum hawa dan pakaian adat lainnya bagi kaum adam. Ada juga yang diselingi dengan pawai karnaval, mengelilingi daerahnya dengan berbagai hiasan ornament kendaraan tertentu, mengadakan berbagai macam lomba rakyat dan sebagainya.

Siswa/siswi SD Al-Irsyad Tegal, pada Jum’at (21/04) pun tak mau ketinggalan. Dengan balutan busana batik daerah dan busana muslim/muslimah, mereka dibekali pemahaman dan sekaligus motivasi tentang perlunya meneruskan perjuangan RA. Kartini dengan semangat belajar yang sungguh-sungguh dan tiada kata henti dalam rangka memberantas dan mengusir “penjajah” yang berasal dari dalam diri, seperti kemalasan, kebodohan, nafsu syaitani, dll.)

Selain itu, mereka juga mengikuti beberapa perlombaan yang diadakan oleh sekolah yang bersifat keagamaan dan sekaligus kebangsaan, di antaranya: lomba shalat berjama’ah dan lomba menyanyikan lagu “Kartini” untuk kelas kecil (1-3), don lomba tahfidz QS. al-Muthaffifin  dan lomba menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” untuk kelas besar (kelas 4-6). Perlombaan ini diikuti antar kelas.

Sebagai pemenang, untuk kelas kecil, lomba shalat berjama’ah berhasil diraih oleh siswa/siswi kelas 2C (juara I), kelas 2A (juara II), dan kelas 2B (juara III). Sedangkan untuk lomba menyanyikan lagu “Kartini” dimenangkan oleh paduan suara kelas 3A (juara I), kelas 2C (juara II), dan kelas 1A (juara III).

Untuk kelas besar, lomba tahfidz berhasil diraih oleh kontingen kelas 6B (juara I), kelas 6A (juara II) dan kelas 5A (juara III). Sedangkan lomba menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” berhasil dimenangkan oleh paduan suara kelas 6B (juara I), kelas 6A (juara II) dan kelas 4B (juara III).

Congratulation for the winner ….

Congratulation for all ….

Narrator : Ali S

Editor : Abuya Ali

About adminsekolah

Check Also

SIMA’AN MENUMBUHKAN SEMANGAT HAFALAN SISWA

  Sabtu, 21 April 2018 adalah pekan terakhir siswa–siswi program TICC (Tahfidz and International Curriculum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *