Home / Berita / Problematika Mendidik Anak di Era Digital

Problematika Mendidik Anak di Era Digital

sdirsyadtegal.com – Gadget tidak dipungkiri merupakan salah satu hasil dari kemajuan teknologi. Kehadirannya banyak membawa manfaat bagi kehidupan manusia, seperti memudahkan berkomunikasi, mudah dan cepat dalam mengakses berita maupun informasi, bahkan untuk hiburan dan kemudahan-kemudahan lainnya. Ia kini bukan lagi dominasi kalangan tertentu, namun telah menjadi kebutuhan public. Laki-laki-perempuan, tua-muda, dewasa, bahkan anak-anak tidak asing lagi dengan benda ini. Selain mendatangkan banyak manfaat, kehadirannya pun ternyata bukan tanpa masalah. Ia tidak boleh dipandang sebelah mata. Derasnya arus informasi dan terbuka lebarnya kesempatan mengakses internet, menyebabkan intensitas interaksi terhadap benda ini terus meningkat. Salah satunya adalah game online yang merupakan satu di antara sekian banyak menu yang ada, ternyata menyisakan persoalan bagi penggunanya, baik orang dewasa, terlebih anak-anak.

Pengguna gadget kini bukan dominasi orang dewasa saja, namun anak-anak balita pun pandai menggunakannya. Dengan alasan sebagai hiburan bagi anak-anaknya, orang tua terkadang membiarkan anak-anaknya asyik-masyuk menikmati gadget tanpa adanya aturan yang jelas dari orang tuanya, sehingga tidak sedikit dari anak-anak yang karena keseringan bahkan kecanduan menggunakan gadget tersebut, sehingga gadget seolah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan mereka. Di mana ada kesempatan, mereka langsung saja menyambar benda tersebut.

Tak terbantahkan, penggunaan handphone yang sangat massif memiliki dampak negatif yang sangat beragam. Di antaranya; tidak sedikit perhatian dan kasih sayang hilang dicuri oleh kesibukan seseorang dengan handphonnya. Teman bicara pun seringkali ditinggalkan dan diacuhkan serta tidak dihormati dan dihargai lantaran lebih menyibukkan dan mementingkan dirinya pada benda ajaib ini. Waktu berbincang dan senda gurau bersama keluarga dan saudara pun jauh berkurang karena disingkirkan oleh handphone. Kemesraan keluarga, orang tua dan anak, bahkan suami istri kini hilang gara-gara masing-masing sibuk dengan handphone. Handphone telah mencuri banyak perhatian banyak orang. Benarkan persoalan tersebut disebabkan karena adanya handphone…? Atau apakah penggunanya yang tidak mampu me-manage dirinya sehingga persoalan-persoalan tersebut muncul…?

Demikian beberapa persoalan yang mengemuka saat berlangsungnya seminar “Islamic Parenting” di gedung Al-Irsyad, Jl. Mayjen Sutoyo No. 7 Tegal, oleh praktisi pendidikan Islam dari Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Propinsi Jawa Tengah, Ust. Sunari, S.Fil. MPI, pada Sabtu, (18/03/2017) lalu.

Seminar dengan tema “Islamic Parenting: Antara Tuntutan dan Problematika Digital” yang diikuti oleh orang tua/wali murid dari TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Al-Irsyad Tegal ini berlangsung khidmat hingga acara berakhir.

Sebagai salah satu solusi agar anak memiliki masa depan yang cemerlang sehingga waktunya tidak banyak dihabiskan untuk bermain gadget, menurut Sunari ialah dengan cara mengajak dan membawa anak masuk pada dunianya, yakni dunia bermain. Menurutnya, ada 7 alasan kenapa anak harus bermain di luar, sebab kebergantungan pada gadget akan berdampak tidak baik bagi penggunanya, di antaranya: 1) Penurunan kecerdasan otak; 2) Radiasi; 3) Mengurangi kemampuan interaksi sosial; 4) Temperamental; 5) Obesitas; 6) Merusak Penglihatan; dan 7) Kurang minat bermain di alam terbuka. Wassalam… (Ali S)

About adminsekolah

Check Also

SIMA’AN MENUMBUHKAN SEMANGAT HAFALAN SISWA

  Sabtu, 21 April 2018 adalah pekan terakhir siswa–siswi program TICC (Tahfidz and International Curriculum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *