Home / Berita / 348 Siswa SD Al-Irsyad Tegal Ikuti Outdoor Learning

348 Siswa SD Al-Irsyad Tegal Ikuti Outdoor Learning

sdalirsyadtegal.com – Proses pembelajaran bisa dilakukan di mana saja. Belajar bisa dilakukan di lapangan, di sawah, di halaman, di bawah pohon, di pabrik, di alam terbuka atau di manapun. Kelas, sekolah atau apapun namanya bukanlah satu-satunya tempat untuk belajar. Tempat bukanlah tujuan utama. Ia hanyalah sarana penunjang. Yang terpenting dan utama ialah prosesnya, proses pembelajaran. Bahkan pembelajaran yang hanya melulu menggunakan tempat yang terus menetap di satu tempat tertentu bisa menyebabkan kejenuhan peserta didiknya. Pembelajaran di luar kelas atau outdoor learning misalnya, adalah salah satu cara untuk memecah karang kejenuhan itu.

SD Al-Irsyad Tegal melalui agenda rutinnya, pada Senin-Selasa (13-14/03/2017) lalu mengadakan kegiatan outdoor learning di beberapa tempat di sekitar wilayah Kota Tegal. kegiatan ini diikuti oleh seluruh kelas 1-5 dengan didampingi para asatidzahnya. Di antara tempat-tempat yang dijadikan objek kunjungan outdoor ialah; kelas 1 dan 2 mengadakan kunjungan ke Badan Penanggulangan Perikanan Tegal (BPPT) di SUPM Tegal, kelas 3 ke Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kelas 4 ke Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), dan kelas 5 ke Hutan Kota Bumi Perkemahan. Sementara kelas 6 tidak diikutsertakan karena tengah menghadapi try out. Kegiatan tersebut dilaksanakan setelah mereka selesai mengikuti Penilaian Tengah Semester  (PTS).

Banyak pelajaran dan pengalaman yang mereka dapatkan dari kegiatan outdoor ini. Saat siswa/siswi kelas 1 dan 2 berkunjung ke Badan Penanggulangan Perikanan (BPPT) misalnya, mereka diperkenalkan budidaya perikanan, baik ikan darat maupun ikan laut, juga pemanfaatan potensi hasil pengolahan ikan. Tak hanya itu, mereka juga disarankan untuk gemar makan ikan sejak dini (Gemari). Mereka diperkenalkan sejak dini bahwa ikan merupakan sumber protein pertama yang sangat penting bagi pertumbuhan. Mereka diperkenalkan juga cara pemeliharaan ikan, mulai dari bibit sampai terhidang di meja makan, diperkenalkan juga jenis-jenis ikan, cara membedakan jenis jantan dan betina, cara memberi pakan ikan,  memelihara dan merawatnya. Selanjutnya mereka diberi kesempatan untuk membuat adonan sendiri hasil pengolahan ikan menjadi nugget.

Bagi siswa/siswi kelas 3 yang berkunjung ke Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang terletak di Jl. Sugiono, mendapatkan pelajaran dan sekaligus pengalaman tentang cara mengetahui cuaca atau iklim di suatu daerah. Mereka ditunjukkan melalui sebuah alat teropong untuk mengetahui cuaca.

Sementara siswa kelas 4 yang berkunjung ke Dinas Pemadam Kebakaran memperoleh pengetahuan dan pengalaman tentang fungsi dan tugas pemadam kebakaran, mereka diperkenalkan alat-alat pemadam kebakaran dan cara penggunaannya, seperti; baju anti panas, tabung hydrogen, kompressor, dan mobil pemadam kebakaran. Selain itu, mereka juga diajari cara memprektekkan langsung bagaimana memadamkan api dengan menyemprotkan air dari selang mobil pemadam secara bersama-sama. Adapun siswa kelas 5 diajak berkunjung ke Hutan Kota Bumi Perkemahan di sebelah timur Pantai Alam Indah  Tegal. Mereka dapat melihat secara langsung ekosistem hutan mangrove dan mengetahui jenis-jenis tanaman yang ada, seperti; cemara laut, bakau, api-api, tanjung, lomtor, glodogan, mangga, widara laut, waru dan mahoni. Wassalam …(Ali S)

About adminsekolah

Check Also

SIMA’AN MENUMBUHKAN SEMANGAT HAFALAN SISWA

  Sabtu, 21 April 2018 adalah pekan terakhir siswa–siswi program TICC (Tahfidz and International Curriculum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *